Hal yang Harus Dilakukan Jika Bagasi Tidak Datang

Hilang atau Tertunda atau Rusak

Apa yang harus saya lakukan jika bagasi saya tidak tiba di tujuan akhir saya?

Tindakan pertama, Anda harus melaporkan bagasi tertunda atau hilang ke perwakilan maskapai penerbangan masing-masing atau kepada pramugari kami di pusat layanan bagasi maskapai penerbangan masing-masing ke tujuan akhir Anda.

Sebagai contoh, jika Anda terbang dengan Korean Air dari Bandar Udara Internasional Incheon menuju Los Angeles kemudian terbang dengan Delta ke New York, Anda perlu menemui perwakilan Delta atau pusat layanan bagasi Delta. Langkah lain yang perlu diambil:

  • Sediakan tiket klaim label bagasi Anda.
  • Lengkapi formulir klaim yang sesuai. Anda perlu mencantumkan isi bagasi, merek/deskripsi (ciri-ciri) bagasi, informasi kontak Anda dan perincian lainnya.
  • Terus pantau dan periksa status ponsel Anda hilang atau pantau secara online dengan WorldTracer, sistem pelacakan bagasi global otomatis yang digunakan oleh Korean Air

Formulir Klaim Barang buka jendela baru

Klaim Kerusakan atau Penundaan

Apabila bagasi terdaftar Anda rusak atau ada barang yang hilang, Korean Air harus diberitahu secara tertulis dalam waktu 7 hari sejak Anda menerima bagasi terdaftar tersebut.

Klaim bagasi tertunda secara tertulis harus diajukan kepada Korean Air dalam waktu 21 hari sejak Anda menerima bagasi terdaftar tersebut.

Apabila bagasi tertunda, Korean Air menyediakan pembayaran satu kali sebesar USD 50 kepada penumpang jika kota kedatangan bukanlah kota asalnya dan penumpang tersebut tidak memiliki kenalan (keluarga atau teman-teman) yang dapat dimintai tolong untuk membeli barang-barang kebutuhan dasar. 

Kiat untuk Mencegah Bagasi yang Hilang

  •  Pastikan label nama yang disertai dengan informasi kontak terpasang di bagasi Anda.
  • Konfirmasi perincian label bagasi: Tujuan, jumlah tas, berat, dan nama.
  • Bandingkan label bagasi yang terlampir dengan tanda terima cek bagasi guna memastikan Anda tidak membawa bagasi penumpang lain.